Pentingnya Suara (dan Suara Detak Jantung) Ibu bagi Bayinya

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa suara ibu dan detak jantung ibu mungkin sangat mempengaruhi perkembangan otak bayi. Studi yang dilakukan pada beberapa bayi yang lahir prematur menunjukkan bahwa bayi yang mendengarkan rekaman suara ibunya relatif mengalami pertumbuhan otak (pada bagian auditory cortex) yang lebih baik/cepat dibandingkan bayi yang hanya mendengar suara normal ruang rawat bayi prematur. Belum diketahui dengan pasti, efek jangka panjang dari percobaan tersebut, akan tetapi hal ini menjadi catatan penting bahwa, seorang ibu harus intens berinteraksi secara audial dengan bayinya yang lahir prematur, dengan cara mengajak sang bayi bercakap-cakap pada saat mengunjunginya di ruang rawat prematur. Studi lain menunjukkan, bahwa bayi yang lahir prematur seringkali mengalami gangguan pendengaran dan gangguan bahasa.

Indera pendengaran adalah indera bayi yang pertama kali bekerja saat masih dalam kandungan ibunya. Banyak studi yang menunjukkan, interaksi yang intensif antara ibu dan bayi dengan media suara ibu menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan bayi. Pada saat bayi dilahirkan, suara ibu nya lah yang akan membuatnya tenang, bukan suara orang lain (apabila sang ibu banyak berainteraksi secara audial selama proses mengandung). Apabila bayi lahir prematur, pada umumnya dengan alasan kesehatan, si bayi ditempatkan di dalam inkubator. Apabila si bayi kemudian selama beberapa minggu hanya terekspose oleh bising ruang perawatan, maka pada dasarnya si bayi kehilangan kontak dengan ibunya, sehingga akan mempengaruhi perkembangan otaknya yang distimuli oleh suara sang Ibu. Dengan kata lain inkubator menjadikan si bayi terputus secara sosial dengan ibunya. Oleh karenanya, sangat disarankan pada setiap kunjungannya, sang ibu harus senantiasa menggendong dan memberikan stimuli dengan cara berbicara pada si bayi atau menyanyikannya lagu. Suara rekaman bisa membantu, tetapi tidak bisa menggantikan pengaruh suara asli sang ibu.

Disarikan dari: http://health.usnews.com/health-news/articles/2015/02/23/sound-of-mothers-voice-in-womb-may-aid-fetal-brain-growth

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s