Sistem Tata Suara Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi 17 Agustus 2015

Alhamdulillah, perhelatan akbar tahunan Upacara peringatan detik-detik Proklamasi 17 Agustus 2015 di Istana Merdeka Jakarta telah berlangsung dengan aman dan lancar. Rangkaian upacara terdiri dari Upacara Penaikan bendera di pagi hari, Gladi Seni dan siang hari, dan Penurunan bendera di sore hari. Untuk perhelatan tahun ini, vendor sistem tata suara kembali dipercayakan kepada pelaksana tahun 2014, yaitu PT Pasukan Pengibar Suara yang dikomandani oleh Harry Kiss.

7seriesGambar 1. V8 Presidential Series

Sistem Tata Suara yang digunakan tahun ini dibagi menjadi 2 sistem utama yaitu Sistem Tata Suara Upacara dan Sistem Tata Suara Aubade. Sistem Tata Suara Upacara digunakan untuk melayani kegiatan Upacara penaikan dan penurunan Sang Saka Merah Putih, serta acara Gladi Seni. Sedangkan Sistem Tata Suara Aubade, digunakan untuk melayani penampilan Aubade yang menjadi bagian dari upacara Penaikan bendera. Sistem Tata Suara hanya aktif saat kegiatan upacara dan gladi seni, sedangkan Sistem Tata Suara Aubade hanya aktif pada saat Aubade. Kunci keberhasilan sistem ada pada kerja sama tim dan pengaturan switching dan delay yang “inch perfect

Sistem Tata Suara Upacara yang digunakan tahun 2015 ini tetap menggunakan konsep kombinasi Cluster Loudspeaker dan Distributed delay sebagaimana tahun 2014, tetapi menggunakan jenis loudspeaker yang berbeda. Konsep yang diusung adalah Loudspeaker seri 7 presiden (lihat Gambar 1). Main Loudspeaker yang digunakan adalah Cluster Loudspeaker V8 Merah Putih (Gambar 2) dan Outfill Wing Kanan-Kiri menggunakan Planar Membrane Loudspeaker V8 Megawati (Gambar 3). Main Loudspeaker ini dilengkapi dengan 4 unit Subwoofer V8 Solo 18 inch. Di panggung utama digunakan front fill Mid-High Loudspeaker V8 Jokowi, side fill Mid-High Loudspeaker V8 Nusantara, serta Monitor Mid-High Loudspeaker V8 Merdeka. Sistem dilengkapi dengan Subwoofer 15 inch. Untuk area dibelakang panggung utama dilayani oleh Loudspeaker Mid-High yang terdiri dari V8 Nusantara, V8 Ainun-Habibie dan V8 Soeharto. Panggung VIP kanan kiri Panggung Utama dilengkapi dengan V8 Nusantara plus Subwoofer 12 inch V8 Sandrina, sedangkan panggung hadirin di kanan kiri dilayani oleh Loudspeaker Mid-High delayed V8 Nusantara plus plus Subwoofer 12 inch V8 Sandrina. Microphone yang digunakan dalam Sistem ini adalah:

  • Inspektur Upacara menggunakan Clip On V8 Chiara dikombinasi dengan V8 JS 273 (kondenser, cardioid)
  • Komandan Upacara menggunakan Clip On V8 Danup
  • Pembaca Proklamasi dan Doa menggunakan V8 Gold Series RI-1
  • MC menggunakan V8 Chiara
  • Korsik (Korps Musik) menggunakan V8 JS 273
  • Gladi Seni menggunakan clip on V8 Chiara (penyanyi), V8 Chiara HD (penyanyi) dan V8 Instrument Mic

frontView2

SSUpacara

 Gambar 2. View Panoramic Sistem Tata Suara Upacara

Megawati

Gambar 3. Outfill Loudspeaker V8 Megawati

Sistem Tata Suara Aubade juga menggunakan Sistem Kombinasi Cluster Loudspeaker dan Distributed delay. Distributed delay yang digunakan sama persis dengan sistem Tata Suara upacara, hanya urutan delaynya dibalik, karena posisi main speaker di panggung aubade. Main Loudspeaker yang digunakan adalah dari seri V8 Soekarno yang dikombinasikan dengan Subwoofer V8 Sub Duo 18. Monitor yang digunakan untuk penampil Aubade adalah V8 Raska, V8 Aliya dan V8 Santorini. Penampilan Aubade merupakan kombinasi antara orkestra dan choir, beberapa microphone yang digunakan adalah V8 CM510, V8 JS 273, V8 Instrument Mic dan AKG 411.

PanggungUtamaPresView3

p80PresView1

PresView2

Gambar 4. View dari Panggung Utama

SoekarnoGambar 5. Cluster Loudspeaker V8 Soekarno

Korsig1Korsig3Gambar 6. Korps Musik

Kedua sistem dilengkapi juga dengan Near Field Monitor V8 Gus Dur di FoH, dan V8 SBY di area halaman dalam Istana dan area sekitar panggung Aubade. Amplifier yang digunakan pada kedua sistem adalah V8 Red Series, yang dilengkapi dengan Digital Signal Processor V8 DSP 448.

AB

Gambar 7. Front Fill Loudspeaker V8 Jokowi pada tiang, Monitor V8 Merdeka di kiri tengah, dan Cluster Loudspeaker V8 Merah Putih di kanan atas

Sebelas tahun bertugas mensupervisi kegiatan terkait Sistem Tata Suara Upacara Peringatan Detik-detik proklamasi ini (dengan 3 Presiden yang berbeda) membuat saya banyak belajar untuk semakin memahami bahwa hanya dengan kerja keras dan smart, teamwork yang baik, komunikasi dengan tim lain yang terkait, pemahaman akan karakter host (Presiden dan tim ), dan tidak melupakan peran Sang pencipta lah  hasil yang baik dapat diperoleh. Dirgahayu Kemerdekaan RI ke 70. MERDEKA!!!.

3 thoughts on “Sistem Tata Suara Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi 17 Agustus 2015

  1. Paragraf terakhir :”Sebelas tahun bertugas mensupervisi kegiatan terkait Sistem Tata Suara Upacara Peringatan Detik-detik proklamasi ini (dengan 3 Presiden yang berbeda) membuat saya banyak belajar untuk semakin memahami bahwa hanya dengan kerja keras dan smart, teamwork yang baik, komunikasi dengan tim lain yang terkait, pemahaman akan karakter host (Presiden dan tim ), dan tidak melupakan peran Sang pencipta lah hasil yang baik dapat diperoleh.”

    Waduh Bapak saja masih terus belajar, apalagi kami-kami mahasiswa Bapak ya.

  2. salam pak…
    maaf saya mau bertanya apakah buku yang bagus untuk memahami dasar akustika yang berbahasa indonesia ya paak, keterbatasan bahasa hehe
    makasih pak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s