Polusi Suara dan Cahaya dapat Mempengaruhi Ekologi

Penelitian menunjukkan, bising (dan cahaya) yang dihasilkan manusia dapat memberikan pengaruh yang signifikan pada komunitas ekologi, karena keduanya mengakibatkan perubahan densitas, keragaman dan ketergantungan berbagai jenis burung yang merupakan barometer dunia alamiah. Untuk membuat lingkungan alamiah yang lebih “gelap” dan lebih “sunyi” diperlukan intersepsi teknologi.

Beberapa hal berikut perlu untuk diperhatikan:

1. Penggunaan kendaraan listrik dan lampu LED akan membantu pengendalian polusi suara dan cahaya

2. Burung merupakan indikator sehat tidaknya lingkungan ekologi. Bising diperkirakan telah mempengaruhi proses perkembangbiakan dan cara mereka makan, sedangkan cahaya mempengaruhi jam biologis mereka (merubah waktu bangun dan bersarang)

3. Suara-suara Natural dan kegelapan langit malam juga penting bagi kualitas hidup manusia, dalam hal ini untuk membantu proses pemulihan dan penenangan batin.

4. Bising diketahui juga mempengaruhi kekayaan jenis ekologi. Lebih banyak kelompok burung yang bersarang di area yang sunyi dibandingkan di area yng berisik

5. Jenis Burung yang berkicau dengan frekuensi rendah, akan terganggu oleh bising industri. Jika kemudian burung ini berpindah tempat, maka akan mempengaruhi rantai ekosistem di tempat tersebut.

6. Disisi lain, jenis burung yang berkicau dengan frekuensi tinggi, barangkali tidak terpengaruh bising industri. Akan tetapi, jika predator atau makanan mereka terganggu oleh noise, maka ekosistemnya juga akan terganggu.

7. Burung pemakan serangga atau hewan kecil juga lebih sensitif terhadap bising dibanding burung pemakan biji-bijian atau tanaman, karena mereka menggunakan sinyal akustik untuk mendeteksi mangsanya. Jika ada bising berlebih, mereka akan kesulitan berburu mangsanya

8. Cahaya buatan akan mempengaruhi jam biologis beberapa species burung, termasuk waktu mencari makanan dan proses berkembangbiaknya. Akan jadi masalah jika kemudian mereka berkembang biak di waktu yang salah (misalnya salah musim)

9. Cahaya buatan juga akan mempengruhi perilaku binatang lain misalnya invertebrata, tikus dan kelelawar

10. Secara umum, bising dan polusi cahaya juga mempengaruhi keamanan dan adaptasi manusia dalam berinteraksi dengan lingkungan dan makhluk hidup lainnya

Disarikan dari: http://www.mercurynews.com/ci_27539608/noise-and-light-pollution-alters-ecologies?source=infinite

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s