Soundscape: Bagaimana lingkungan audial yang anda tempati atau lewati sehari-hari?

Dear all,

Mohon maaf lama sekali saya tidak mengupdate isi blog ini. Mudah-mudahan mulai hari ini bisa aktif kembali.
Untuk memulai tulisan diawal tahun 2010 ini, saya ingin melemparkan ide yang berkaitan dengan judul post ini. “Bagaimana lingkungan audial yang anda tempai atau lewati sehari-hari”?. Yang saya maksud lingkungan audial disini adalah, apa-apa yang anda persepsi sehari-hari menggunakan kedua telinga anda. Kami di group akustik Teknik Fisika ITB ingin sekali membangun data base yang berkaitan dengan lingkungan audial (soundscape) yang dialami oleh teman-teman semua, khususnya yang di Indonesia. Idenya adalah, kami ingin mengumpulkan lingkungan audial disekitar anda, dengan memanfaatkan fungsi recording yang ada pada handphone yang anda miliki. (Atau barangkali sudah ada yang melakukannya di Indonesia?).
Data base ini, nantinya akan sangat bermanfaat, misalnya digunakan sebagai acuan untuk pengendalian bising, atau misalnya dalam 10 – 20 tahun ke depan bisa digunakan sebagai acoustics preservation pada lingkungan tertentu, atau bisa juga digunakan untuk sumber data apabila ingin mengamati perubahan lingkungan audial pada pola hidup masyarakat ditempat itu misalnya. So what do you think?
Kalau banyak yang tertarik, kami akan coba bangun blog khusus untuk upload suara-suara disekitar anda yang direkam lewat handphone anda masing-masing. Tentunya, ke depan akan diverifikasi dengan proses perekaman yang memenuhi kaidah akademik. But, handphone can be a good starting point. Ditunggu masukannya.

3 thoughts on “Soundscape: Bagaimana lingkungan audial yang anda tempati atau lewati sehari-hari?

  1. Ikut nimbrung Pak Joko, apa kabar🙂
    Selain merekam suara, menurut saya akan lebih lengkap jika dilengkapi dengan foto panoramiknya sekalian -masih dari handphone yang sama- sehingga selain mendengar suaranya, kita juga bisa melihat karakteristik ruangan atau lingkungannya. Dengan begitu, bisa terlihat korelasi antara ruangan/lingkungan, baik dari bentuk dan material terhadap kualitas suara pada kondisi tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s