Forensic Speaker Identification (2)

Rabu pagi kemarin, tanggal 22 Mei 2008, saya dan kolega saya, diberikan kesempatan untuk memberikan sharing pengetahuan tentang Forensic Speaker Identification (FSI) oleh sebuah lembaga negara di Jakarta. (Tadinya kami ingin mengajak serta pak AAA karena keterkaitannya dengan bidang beliau, tetapi mengingat kesibukan beliau yang baru, kami jadi ragu untuk mengganggu waktunya).

Peserta yang hadir sekitar 50 an orang dari berbagai latar belakang keilmuan. Diskusi berlangsung cukup menarik, sehingga waktu 3-4 jam tidak terasa sudah dilalui. Beberapa hal yang patut dicatat adalah sebagai berikut:

1. FSI expert/examiner tampaknya akan semakin diperlukan ke depan, terutama terkait dengan diberlakukannya UU IT terbaru yang salah satu pasalnya menyebutkan bahwa sinyal ucapan hasil penyadapan dapat digunakan sebagai bukti resmi dalam proses peradilan.

2. Pada saat yang sama Indonesia belum memiliki asosiasi keahlian yang terkait langsung dengan FSI (di USA, Rusia, Jepang dan Eropa sudah ada) sehingga belum ada expert yang memiliki sertifikasi (langsung) untuk melakukan analisis FSI. (Bahkan sepengetahuan kami, belum ada seorang pun expert di bidang speech technology/akustik yang menekuni riset di bidang FSI di Indonesia secara khusus, karena selama ini Riset dan Aplikasi Speech Technology lebih banyak diarahkan ke bidang telekomunikasi dan bahasa ).

3. Karena belum ada expert apalagi asosiasinya, maka tentu saja belum ada SOP khusus terkait dengan proses-proses terkait pelaksanaan FSI.

4. Mengingat kompleksitas analisisnya, walaupun bisa dilakukan secara manual prosesnya, ke depan tampaknya diperlukan sebuah engine pemroses automatic FSI (Ini tidak mudah dan memerlukan biaya yang tidak sedikit).

4. FSI sendiri merupakan bidang kajian yang mencakup banyak disiplin keilmuan, dari teknologi bahasa, telekomunikasi, electronic, recording, sinyal prosesing, psikologi, hukum, matematika (statistik) dan akustik (lebih khusus: Phonetics, Anatomy, Physiology, acoustics & psycholinguistics, cognitive psychology.)

5. Para peneliti dan praktisi dalam bidang-bidang terkait tersebut tampaknya perlu duduk bersama untuk sharing knowledge. (Bersama ini kami ingin mengajak teman-teman yang tertarik untuk mendalami bidang ini untuk share pengalamannya. Kami dari Group Riset Teknik Fisika ITB (sub group engineering acoustics) dengan senang hati akan  berbagi dengan teman-teman.)

Semoga ada yang menanggapi…:)…

Pak Armein dan Pak AAA, sharing yuk!

8 thoughts on “Forensic Speaker Identification (2)

  1. He3x, sementara saya monitor terus saja…..
    Sebetulnya masih ingin ikut dalam acara-acara sharing….

    salam
    Arry Akhmad Arman

    He-he-he…. iya bos, selamat berjuang!!

  2. Analisa suara?
    Tanyakan pada pakarnya!

    Roy Suryo dulu berhasil menganalisa rekaman Andi Ghalib, dengan bantuan software WinAmp!

    Bisa dicek di Google🙂

    xixixi…

    Sayangnya mas RS tidak baca blog ya… eh tapi kalo kebetulan mampir kesini kami ingin diskusi juga (atau ada yg tahu how to contact beliau?)….. sehingga knowledge yg sedang kami bangun bisa lebih diperkaya….(note: spectrograph/spectrum sinyal suara hanya salah satu parameter yang bisa digunakan untuk FSI, but tidak cukup…..)

  3. Mas Joko,
    Penjelasan Mas Joko di sidang Arthalyta yang direlease detik pagi ini bagus banget …tepat sasaran :-))

    Terutama point “Apa bedanya anda dengan tokoh yg di TV itu ?”
    :-))
    Muantap banget jawabannya, … bedanya Mas sesuai background
    sedang tokoh tadi FIKOM … :-))
    Kena deh RM, yang ini baru omongan pakar.
    Entar lagi pasti doi pilih kerja sama Mas Joko.

    salam dari Batam
    HerSam

    Salam juga dari Bandung……thanks sdh berkunjung, dah lama tak ke TF?….:)

  4. Halo Pak Joko,

    Wah, nanti pas kuliah kudu ajarin deden ya, pak? Kaget juga sih, kok pas monitor Metro TV, terus mikir “sepertinya pernah lihat di kampus?”

  5. Pak Jokosarwono
    Nama Saya Ronald. Saya adalah seorang mahasiswa pasca sarjana Universitas Indonesia dalam kajian linguistik, yang tertarik untuk membahas speaker identification dalam percakapan telepon dalam kasus-kasus korupsi untuk thesis saya.

    Berkaitan dengan hal ini, saya sangat ingin berdiskusi dengan bapak.

    Silakan Mas Ronald

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s