Acoustics Virtual Reality

Perkembangan terbaru dalam teknologi modeling dan simulasi komputer yang ditunjang dengan teknologi komputer processing dan rendering yang makin cepat dan akurat telah membuka sebuah ranah baru dalam bidang akustik yaitu Acoustics Virtual Reality. Konsep ini sebenarnya sudah mulai dipakai dalam on-line gaming atau second life .

Salah satu yang digarap para peneliti akustik dalam ranah ini adalah acoustics heritage, yaitu restorasi bangunan-bangunan kuno (bersejarah) dari sisi akustik (dan visual). Dengan penelitian itu, saat ini dimungkinkan misalnya kita ingin merasakan bagaimana lingkungan akustik di dalam bangunan-bangunan bersejarah yang sudah tidak utuh lagi, misalnya dalam Colloseum di Roma, Italia.

Sebelumnya para archaeologist dan ahli sejarah sudah menggunakan teknologi visualisasi dalam membantu memahami objek penelitian mereka, tanpa menggunakan aplikasi teknologi akustik yang mencukupi. Seiring dengan perkembangan teknologi acoustics signal processing, khususnya auralisasi, telah dimungkinkan untuk memodelkan secara virtual lingkungan mendengar dalam sebuah space atau ruangan, baik tertutup maupun terbuka. Saat ini teknologi ini sudah mencapai fase walk through auralization, yaitu auralisasi secara realtime. Sehingga kita bisa diberikan pengalaman secara virtual kondisi mendengar di dalam sebuah space mengikuti perpindahan posisi kita. Sebuah projek penelitian yang mengusung tema “Hybrid Architectural Heritage” yang menggabungkan teknologi akustik dan visualisasi telah berhasil dilaksanan di Eropa. Projek International ini diberi nama CAHRISMA.

Dengan konsep Virtual Environment ini, banyak hal lain yang bisa dilakukan, misalnya untuk membantu decision makers dalam pengambilan keputusan.

2 thoughts on “Acoustics Virtual Reality

  1. *senangnya ada yang merhatiin VR lagi*😀

    mimpi adalah mimpi, kira2 aplikasi paling praktisnya seperti apa ya untuk di Indonesia?

    saya merasa idenya jadi agak sinkron dengan ide spiritual computing-nya pak Armein. tapi jadinya computing untuk mendukung spiritual experience.😀 (kok jadi ngasal)

    aplikasi praktis di Indonesia : lokal game/animation, untuk jualan rumah/convention hall/ tempat duduk di bioskop, dsb…. intinya orang yang mau beli bisa merasakan environment visual dan audial (plus sensasi thermal bila memungkinkan) dari rumah yang akan mereka beli (belum dibangun), mau nyewa convention hall tanpa harus datang ke tempatnya, saat beli tiket bioskop…. dan masih banyak lagi….
    dihubungkan dengan spiritual computingnya pak AZRL juga pasti saling ngisi…:)…., kalo saya lebih banyak memanfaatkannya dalam studi acoustics for worship places (masjid, gereja, dsb)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s